Kebudayaan Negara Belanda

Kebudayaan Negara Belanda


  • budaya Masyarakat
banyak orang yang mengalami culture shock setelah tinggal di Belanda selama beberapa bulan. namun hal tersebut dapat kita hindari jika sudah mengenal budaya dasar dan kebiasaan masyarakat Belanda
.

secara umum, karakteristik orang Belanda adalah:
1. Straightforward, yang artinya mereka tidak sungkan-sungkan mengatakan opininya.
2. Kritis akan keadaan sekitar dan cenderung berkomentar.
3. Suka menolong
4. Cenderung tertutup
5. Individualis
6. Optimis dan pekerja keras, selalu mengutamakan persaingan.
7. Tepat waktu, mereka sangat menghargai waktu.
8. Sangat teratur, agenda selalu ada di tangan, dan janji selalu di tepati.
9. "Work hard, Play hard", yang berarti mereka sangat mengutamakan waktu luang saat akhir pekan.
10. Menghargai dan menghormati orang lain, serta respektif terhadap pekerjaan orang lain.

kebiasaan menarik dari masyarakat Belanda dan Rotterdam khususnya:
1. Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama, baik di desa maupun di kota.
2. Makanan umum dan sehari-hari masyarakat Belanda adalah "patat" (kentang goreng), roti isi, "stampot" (kentang mash dengan daging dan brokoli), aneka macan snack seperti pastel, risoles, frikandel.
3. Hampir semua masyarakat Belanda (utamanya dari generasi muda) dapat berbicara bahasa inggris.
4. Dosen dapat dipanggil dengan menggunakan nama depan. tapi tentu saja tergantung bagaimana dosen itu ingin di panggil.
5. Ingin memulai percakapan dengan orang Belanda? Mulailah dengan tpik tentang cuaca!
6. Tidak ada senioritas dalam perkuliahan di Belanda, begitu juga dengan perploncoan.


  • Tempat Pariwisata
Belanda banyak menawarkan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, berikut tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan, yakni:
1. Kanal-Kanal Amsterdam


2. Taman Bunga Keukenhof


3. Desa Kinderdijk 



  • Makanan khas Belanda
berbagai makanan yang disajikan pada saat acara khusus, diantaranya:
1. Oliebollen


adalah sejenis kue gorengan asal Belanda berisi kismis atau potongan apel dengan rrasa mirip        donat. di Belanda kue ini secara tradisi di makan pada malam tahun baru. Oliebollen di buat dngan cara mrnggoreng  adonan di dalam minyal panas sampai berwarna kecoklatan. adonan dibuat dari tepung, telur, ragi, garam dan susu. adonan ini dibiarkan sekitar 1 jam dan di goreng, kemudian di taburi gula bubuk.
2. Beschuit met muisjes  (biskuit dengan tikus kecil) 


merupakan makanan tradisional yang di sajikan untuk merayakan kelahiran bayi di Belanda. biskuit ini mirip dengan roti panggang dan lebih lembut. bentuknya bulat dan disiapkan dengan mentega dan di taburi muisjes di atasnya. pada awalnya muisjes ada 2 warna yakni putih dan merah muda. namun pada tahun 1990, campuran baru diperkenalkan yakni putih dan biru, yang biru disajukan ketika anak laki-laki dan yang merah muda di sajikan untuk anak perempuan. dan bila seorang anak lahir ke kerajaan Huis van Orange-Nassau, muijes oranye di jual.
3. Appeltaart


merupakan pai apel yang disajikan pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun dan tahun baru. banyak variasi appeltaart: dengan lemon, kismis, aneka kacang(hazelnut,walnut, & aamandel).

Serta hidangan lainnya yang berupa:
1. Waterzool


merupakan rebusan klasik. namanya di ambil dari bahasa Belanda, "Zooien" yang berarti merebus. kadang di sebut Ghent, sebuah kota di Belgia.Terbuat dari ikan atau ayam, sayuran seperti wortel, daun  bawang, dan kentang, herba, telur, krim, dan mentega. biasanya ikan yang dipakai adalah tombak, ikan mas, dan bass. Gentse Waterzooi van kip memakai ayam, sedangkan Gentse Waterzooi van Tarbot' memakai ikan turbot baik versi ayam atau ikan, keduanya memakai kuning telur dan kaldu kental dan biasanya di sajikan sebagai sup dengan baguette untuk menyerap cairannya.
2. Stamppot (kentang lumat)


merupakan hidangan tradisional Belanda yang terbuat dari kombinasi kentang lumat dengan satu atau beberapa sayuran lainnya, terkadang juga menggunakan daging rebus atau sosis asap. Sayuran yang di gunakan mencakup sauerkraut, endive, kale, bayam, lobak hijau, atau wortel dan bawang bombay (kombinasi terakhir ini di kenal sebagai hutspot).
3. Stroopwafel


merupakan wafel yang terbuat dari adonan tepung, mentega, dan susu yang di panggang dengan disispi karamel di tengah-tengahnya. rasanya renyah dan manis. hidangan ini cocok di sajikan untuk teman minum kopi atau teh. selain itu bisa diletakkan toping di atasnya seperti ice cream dan strowberry dan lainnya.
4. Huzaren sla


merupakan salad khas Belanda yang menggunakan kuning telur sebagai dressing atau sausnya. warna cerah dari bit membuat sajian ini terlihat lebih menggiurkan

  • Pakaian Khas Belanda


negara yang terkenal dengan bunga tulip yang indah ini memiliki baju tradisional yang dinamakan "Kledardracht". ciri khas yang lebih spesifik dari Kledardracht adalah tpi yang njekither.

Ciri khas negara Belanda
1. negara Belanda sangat terkenal dengan tulipnya yang indah dan memiliki berbagai macam warna.
2. selain bunga tulip Belanda juga memiliki kebanggaan lain yaitu kincir angin. kincir angin ini berfungsi untuk pendorong air ke daratan dengan tujuan membentuk daratan baru. seperti yang kita ketahui bahwa Belanda berada di bawah permukaan laut untuk sebagian besar wilayahnya.
3. Belanda juga terekenal dengan sepatu kayunya yang disebut dengan klompen. klompen sudah ada sejak tahub 1207 M.
4. keju juga merupakan ciri paling terkenal dari Belanda yang memiliki rasa khas tertentu di bandingkan dengan negara lainnya.
5. Belanda terkenal dengan bendungannya  







Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri yang Diunggulkan

Kebudayaan Negara Belanda

Kebudayaan Negara Belanda budaya Masyarakat banyak orang yang mengalami culture shock setelah tinggal di Belanda selama beberapa ...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Waktu

Kursor

Hetalia: Axis Powers - Romano